Senin, 16 September 2013

Sehari Mengajar, Selamanya Menginspirasi

Kelas Inspirasi adalah sebuah kegiatan sukarela dari segala profesi untuk membawa mimpi dan cita-cita ke dalam ruang-ruang kelas Sekolah Dasar di berbagai pelosok kota.
Harapannya adalah membangkitkan semangat anak-anak Indonesia untuk BERANI bermimpi dan bercita-cita.

Kenapa harus dibangkitkan???
Kemarin aku menemukan sendiri ada anak yang tidak mempunyai cita-cita karena tidak tahu mau jadi apa, tidak tahu pekerjaan Bapak nya sehari-hari, tidak berani menjadi apa2…
Bahkan bagi yang sudah punya cita-cita pun kita harus merangsang mereka untuk selalu positif dan memotivasi mereka agar tetap belajar di sekolah, bukan di jalan.

Kenapa harus kita??? Apa yang kita dapatkan???
Guys, hidup mereka sudah terjebak dengan rutinitas lingkungan yang sangat tidak sehat, rumah, sekolah, lingkungan bermain. Bukan rahasia lagi, saat ini mayoritas lingkungan mereka adalah bukan tempat yang baik bagi pertumbuhan mereka, rumah yang "keras", minim kasih sayang, orangtua yang fokus hanya pada materi, kesemrawutan jalanan, orang jahat yang bisa muncul dimana saja, manajemen pendidikan dan sekolah yang carut marut, guru dengan pengetahuan materi seadanya (baik psikologi pendidikan maupun ilmu pelajaran) atau yang masih berkutat dengan masalah honorer sehingga kurang makasimal dalam mengajar, serta berbagai berita dan tayangan negatif dihadapan anak-anak Indonesia.
Kita memang tidak akan mendapatkan upah yang setimpal, atau ucapan terimakasih yang bertubi-tubi, hanya rasa bangga karena telah berperan dalam menuntaskan janji kemerdekaan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa yang akan kita dapatkan dari kegiatan didalam kelas ini. Senyum, tawa, dan tingkah laku polos anak-anak SD aku kira cukup mengganti keringat yang bercucuran.

So, bersama tulisan ini, aku mengajak rekan-rekan semua menyisihkan waktu 1 hari untuk berada di ruang kelas, berbagi inspirasi dengan anak-anak Indonesia. Jangan takut, jangan bingung soal materi, soal profesi, yukkk kita ngobrol bareng karena banyak inspirasi yang bisa kita sampaikan kepada mereka, banyak cara dan metode pengajaran yang bisa dilakukan…..Mari kita bangun mimpi Anak Indonesia!



Berikut beberapa foto di lokasi Kelas Inspirasi chapter Bekasi, kebetulan aku mendapat tugas di SDN Aren Jaya VIII Bekasi Timur, check it out…….. J















(mengutip Surat Pak Anies Baswedan)
"Kita telah mendapatkan kesempatan untuk berprofesi yang baik dan hidup lebih sejahtera. Hadirnya kaum profesional adalah salah satu bukti nyata bahwa pendidikan adalah pembuka pintu kesempatan: pendidikan adalah eskalator sosial ekonomi. Di kelas itu Anda akan menyaksikan mata berbinar, senyum lebar, dan wajah ceria anak-anak itu. Mereka adalah wajah masa depan bangsa ini. Di ruang kelas itu Anda mulai mencicipi suasana Indonesia di masa depan. Potret masa depan Indonesia ada di ruang-ruang kelas.
Di ruang kelas itu, anak-anak akan melihat Anda dengan penuh semangat. Guru seharinya adalah orang baru. Izinkan mereka mengingat Anda, mungkin mereka pulang ke rumah, menyongsong orang tuanya sambil bertutur betapa inginnya dia bisa seperti guru-guru di Kelas Inspirasi, seperti Anda.
Secara fisik kehadiran Anda cuma sehari, tapi bekasnya bisa langgeng. Ya, cerita Anda, pengetahuan, inspirasi, semangat dan pencerahan dari Anda bisa hadir secara amat permanen dalam hati dan mimpi mereka.
Anda memang diharuskan mengambil cuti pada hari itu tapi kami tidak mengajak Anda untuk berkorban, kami menawarkan kepada Anda kehormatan untuk mewakili kita semua hadir di kelas-kelas membangkitkan mimpi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar